Mau Jadi Atasan yang Dicintai Anak Buahmu? Intip Tipsnya Disini!

Menjadi atasan mungkin telah menjadi mimpi banyak orang, karena menjadi atasan identik dengan bergaji besar, dapat memimpin, dan memiliki anak buah. Untuk menjadi atasan kamu pun berlomba-lomba menjadi karyawan teladan agar mendapatkan promosi jabatan dan menjadi atasan.

Tapi apakah dengan menjadi atasan hidupmu semakin mudah dan pekerjaanmu menjadi ringan? tentu saja tidak. Menjadi atasan tidaklah semudah yang kamu bayangkan, banyak tanggung jawab yang harus kamu tanggung, mulai dari tanggung jawab pekerjaan, sampai tanggung jawab memaksimalkan kinerja anak buahmu tanpa di cap sebagai atasan yang buruk.



Bagaimana cara menjadi atasan yang sukses dan dicintai anak buahnya? Yuk disimak!

1. Adil

Atasan yang sangat dicintai anak buahnya adalah atasan yang bisa bersikap adil. Jangan membeda-bedakan bawahan karena mereka bekerja dengan sepenuh hati untuk membantumu. Jika ada karyawan yang kurang baik performanya tegur dengan cara yang baik atau berikan motivasi agar dia tidak menjadi rendah diri dan performanya menjadi buruk.

2. Disiplin

Sebagai atasan kamu juga tidak boleh melupakan kedisiplinan diri. Berikan contoh yang baik untuk anak buahmu agar anak buahmu memiliki rasa segan apabila ia tidak disiplin. Contohnya ikutilah peraturan perasahaan seperti masuk sesuai jam kantor.

3. Berkomunikasi dengan Anak Buah

Komunikasi menjadi hal yang sangat penting jika ingin di cap menjadi atasan yang baik. Cobalah sesekali ajak anak buahmu makan atau ngopi diluar kantor, berbaurlah dengan mereka dan hapuskan jarak. Dengan begitu kamu dapat lebih mudah mengenal anak buahmu yang memiliki sifat dan latar belakang beragam. 

Ada yang memiliki sifat cuek, menyenangkan, ataupun sensitif, kamu juga bisa mendengar pengalaman-pengalaman mereka, bagaimana mereka bisa menjadi anak buahmu saat ini, ada yang dulunya melamar dari koran, tahu dari teman, atau datang dari luar kota dengan melihat situs lowongan kerja Solo, lowongan kerja semarang ataupun kota-kota lainnya.

4. Mengerti Kebutuhan Bawahan

Tidak semua anak buahmu kinerjanya memenuhi ekspektasimu, terkadang mereka juga memiliki kendala mulai dari susah beradaptasi ataupun kendala teknis. Inilah saatnya kamu membuktikan bahwa kamu adalah atasan yang baik. Kamu bisa memulai dengan menanyakan kendala apa yang mereka miliki, dan cobalah membantu untuk mengatasi masalahnya.

Bantu mereka mendapatkan solusi untuk menyelesaikan permasalahannya yang terkait dengan pekerjaan, berikan mereka studi kasus yang sesuai dengan kendala mereka saat ini dan libatkan mereka dalam mencari ide-ide untuk menyelesaikannya.

5. Tegas

Ketegasan menjadi hal yang harus dimiliki setiap atasan, dengan ketegasan kamu bisa mengontrol suasana perusahaan dan kinerja atasan. Ketegasan juga diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dalam team.

Demikianlah lima cara apabila kamu ingin menjadi atasan yang dicintai anak buahmu. Semoga jenjang karirmu semakin meningkat dan berhasil menjadi atasan. Semangat!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memilih Celana Dalam Yang Nyaman

Review Film Train To Busan

Contoh CV Fresh Graduate Yang Tidak Memiliki Pengalaman Kerja